Grand Maerakaca, Taman Mini-nya Jawa Tengah

Express yourself, Discover the best of you

Grand Maerakaca, Taman Mini-nya Jawa Tengah

Puri Maerakaca yang kini rebranding menjadi “Grand Maerakaca” merupakan salah satu obyek wisata Semarang yang berada di kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah, di komplek Tawang Mas Semarang Barat, tak jauh dari Pantai Marina. Taman ini diresmikan oleh Gubernur Ismail pada tahun 1980-an. Puri Maerakaca yang merupakan Pusat Rekreasi Taman Budaya Jawa Tengah ini, ibarat taman mininya provinsi Jawa Tengah karena di dalamnya terdapat 35 anjungan yang menjadi cerminan dari 35 kabupaten dan kotamadia yang ada di provinsi Jawa Tengah.

anjungan temanggung

Anjungan Temanggung, Sumber : hellosemarang.com

anjungan cilacap maerakaca

Anjungan Kab. Cilacap, sumber: hellosemarang.com

Tak hanya berisi 35 anjungan itu saja, di Grand Maerakaca ini juga terdapat miniatur peninggalan sejarah dan obyek wisata yang populer di Jawa Tengah seperti Candi Borobudur, Benteng Pendhem, Masjid Menara Kudus, Masjid Agung Demak dan lain-lain. Selain itu, Grand Maerakaca juga dilengkapi sarana rekreasi seperti becak air, perahu unik yang atapnya berbentuk daun, area permainan anak hingga outbond.

Miniatur Candi Dieng

Miniatur Candi Dieng, sumber : hellosemarang.com

Sejarah Grand Maerakaca, namanya diambil dari cerita pewayangan, salah satu bagian epos Mahabarata, di khayangan terdapat taman terindah yang berisikan seluruh keindahan taman yang ada di muka bumi, yaitu Taman Maerakaca.

Tempat rekreasi keluarga yang menarik dan disertai berbagai fasilitas yang lengkap ini ternyata tidak cukup menjamin Grand Maerakaca Semarang ini mampu bertahan, setidaknya dibandingkan destinasi wisata lain yang ada di kota Semarang.

Pengelola yang sepertinya tak cukup terlihat upayanya untuk mempromosikan taman wisata ini, namun bukan berarti warganya diam begitu. Netizen dan warga Kota Semarang yang merasa memiliki dan sayang jika aset yang ada di kota ini menjadi sepi. Beberapa waktu lalu 9 mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNDIP merancang program yang bertujuan untuk memperkenalkan kembali Grand Maerokoco. Plesir Maerokoco, dengan mengajak 100 mahasiswa piknik dan jalan – jalan mengelilingi Jawa Tengah Mini dalam waktu sehari. Plesir ini mengajak mahasiswa untuk mengetahui, mengunjungi dan mengenal lebih dalam mengenai Grand Maerakaca.

plesir-maerakaca

Plesir Maerakaca, sumber : hellosemarang.com

Dan yang saat ini sedang di promosikan adalah salah satu event tahunan yang digelar oleh komunitas Jazz Ngisoringin, Loenpia Jazz 2015. Gelaran ke-4 untuk memperkenalkan musik jazz kepada masyarakat yang lebih luas ini akan menjadikan Grand Maerakaca sebagai venue Loenpia Jazz yang rencananya akan diselenggarakan pada 7 Juni 2015 mendatang. Dengan dijadikan sebagai venue Loenpia Jazz diharapkan mampu mempromosikan dan mengembalikan eksistensi Puri Maerakaca di kalangan masyarakat luas, khusunya Semarang.

Event yang akan berlangsung 10 jam mulai jam 12 siang tersebut akan menghadirkan 300 performer di 4 stage. Tak hanya musisi jazz dari kota Semarang saja, namun beberapa musisi kenamaan seperti Barry Likumahuwa, Endah & Rhesa dan lainnya juga akan hadir. Juga dihadirkan pesta kuliner Semarang pada event ini. Dan event ini gratis. Kapan lagi bisa makan lumpia, tahu gimbal atau leker Paimo sambil menikmati alunan musik jazz dengan gratis? Hmmm, tapi makanannya tidak gratis ya…

sumber : http://hellosemarang.com/puri-maerakaca-taman-mini-nya-jawa-tengah/
Tulisan oleh :

Category: BLOG, Grand Maerakaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT PRPP JAWA TENGAH

Jl. Anjasmoro - Tawangsari Semarang, Jawa Tengah
Telp. 024 - 7606286, 76174333, 7617434
Fax. 024 - 7617433, 7606282
Email. info@prppjawatengah.com

INFO PEMESANAN

Call / WhatsApp / SMS
089 633 764 334 (UMI)
087 832552419 (ASTI)

RESERVASI TERHITS

© Copyright 2017 by PT. PRPP JAWA TENGAH All Right Reserve